Esofagus

Responsive image
Esofagus. Perbesaran 40x. H&E.

Esofagus merupakan saluran panjang yang membawa makanan dari rongga mulut menuju lambung. Esofagus memiliki muskularis yang berkembang dengan baik. Esofagus memiliki lumen yang berukuran kecil.Esofagus memiliki empat lapisan, yaitu mukosa, submukosa, muskularis, dan adventisia.

Responsive image
Esofagus. Perbesaran 400x. H&E.

Mukosa esofagus tersusun atas sel-sel epitel berlapis gepeng yang tebal. Di atas lapisan epitel berlapis gepeng terbentuk lapisan tanduk dikarenakan adanya keratinisasi. Di bawah lapisan epitel berlapis gepeng terdapat jaringan ikat longgar lamina propria yang mengandung pembuluh darah. Muskularis mukosa berada di bawah lamina propria.Muskularis mukosa terdiri atas serat otot longitudinal.

Responsive image
Esofagus. Perbesaran 100x. H&E.

Submukosa esofagus terdiri atas jaringan ikat padat yang memungkinkan lumen melebar, sehingga tidak terbentuk lipatan ketika menelan. Di bawah submukosa terdapat mukularis yang terdiri atas dua lapisan, yaitu lapisan otot polos sirkular pada bagian dalam dan lapisan otot polos longitudinal pada bagian luar. Bagain paling luar esofagus adalah adventisia.Adventisia esofagus terdiri atas jaringan ikat longgar, jaringan ikat ini memungkinkan esofagus melekat pada stuktur sekitar