Jantung

Responsive image
Ventrikel kanan jantung. Perbesaran 40x. H&E.

Jantung merupakan organ yang berfungsi untuk memompa darah. Dinding jantung tersusun atas tiga lapisan utama, yaitu epikardium di sebelah luar, miokardium di tengah, dan endokardium di sebelah dalam. Epikardium tersusun atas mesotel selapis gepeng dan jaringan ikat dibawahnya. Miokardium adalah lapisan paling tebal dan terdiri atas serat otot jantung. Endokardium tersusun atas endotel selapis gepeng dan stratum endotelial yang tipis.

Responsive image
Tepi luar ventrikel jantung. Perbesaran 400x. H&E.

Gambar diatas merupakan ventrikel kanan jantung bagian tepi luar (bagian epikardium). Epikardium berupa membran serosa. Permukaannya diliputi selapis sel mesotel. Di bawah lapisan epikardium terdapat lapisan miokardium. Miokardium terdiri atas otot jantung, baik yang tersusun membujur (memanjang), maupun yang tersusun melintang.

Responsive image
Otot jantung. Perbesaran 1000x. H&E.

Otot jantung terletak pada lapisan miokardium. Otot jantung bersifat lurik, involunter, berkontraksi secara ritmis dan otomatis. Serat otot jantung merupakan satuan linear yang terdiri atas sejumlah sel otot jantuang yang terikat pada daerah-daerah ikatan khusus yang disebut diskus interkalaris (tidak tampak jelas pada gambar). Otot jantung memiliki inti sel yang terletak di tengah sel. Di antara serat-serat, terdapat jaringan ikat halus, yaitu endomisium yang mengandung pembuluh darah dan fibrosit. Otot jantung memiliki pola garis-garis lurik melintang yang disebut seran lintang atau cross-striation. Selain terdapat diskus interkalaris, ciri khas otot jantung adalah adanya percabangan.