Usus Halus

Responsive image
Usus Halus. Perbesaran 4x. H&E.

Usus halus merupakan saluran perncernaan dimulai dari ujung pilorus lambung hingga ileosekal (tempat bersatu dengan usus besar). Usus halus berfungsi untuk penyerapan, sehingga usus halus mempunyai bangunan khusus berupa vili untuk meperluas bidang permukaan mukosanya.

Responsive image
Usus Halus. Perbesaran 40x. H&E.

Usus halus memiliki tiga lapisan, yaitu mukosa, submukosa, muskularis eksterna. Mukosa usus halus memiliki vili dan kelenjar intestinal. Jaringan ikat lamina propria terdapat di bawah vili atau di antara kelenjar intestinal. Di bawah susunan kelenjar intestinal terdapat muskularis mukosa. Muskularis mukosa tersusun atas serat-serat otot polos. Sebagain muskularis mukosa terdapat pada bagain tengah vili. Di bawah muskularis mukosa terdapat lapisan submukosa dan muskularis.

Responsive image
Vili Usus Halus. Perbesaran 100x. H&E.

Vili merupakan tonjolan kecil pada membran mukosa. Tiap vili dilapisi oleh epitel selapis silindris dan bagian tengahnya terdiri atas jaringan ikat lamina propria. Epitel selapis silindris pada usus halus terdiri atas sel absorptif dan sel goblet. Sel absorptif berbentuk silinder tinggi. Sel goblet tersebar diantara sel absorptif.

Responsive image
Kriptus Lieberkuhn Usus Halus. Perbesaran 1000x. H&E.

Usus halus memiliki kelenjar instestinal yang disebut kriptus Lieberkuhn yang berupa bangunan berbentuk pipa atau tabung, bermuara di antara dasar vili. Perbedaan vili dengan kelenjar intestinal adalah vili berbentuk lonjong dengan jaringan ikat lamina propria di tengahnya dan dilapisi epitel, sedangkan kelenjar intestinal menyerupai lumen yang dikelilingi oleh epitel. Epitel yang melapisi kelenjar intestinal adalah epitel selapis silindris, sama dengan epitel yang melapisi vili. Ruang diantara kelenjar satu dengan yang lainnya terdapat lamina propria

Responsive image
Submukosa dan Muskularis Usus Halus. Perbesaran 100x. H&E.

Submukosa usus halus terdiri atas jaringan ikat longgar. Muskularis usus halus disusun oleh lapisan otot polos sirkular pada bagian dalam dan lapisan otot polos longitudinal pada bagian luar